Sejarah Bola Voli di Afrika Hingga Aturan Mainnya

9. Sejarah Bola Voli di Afrika Hingga Aturan Mainnya Uncategorized

Sejarah bola voli tidak hanya berkembang di tanah air semata. Awalnya permainan ini berkembang di Amerika dan menyebar ke berbagai penjuru dunia. Hingga menuju benua Afrika. Benua yang satu ini memang sudah sejak lama dikenal dengan prestasinya di bidang olahraga. Tidak terkecuali untuk olahraga bola voli.

Bila selama ini Anda hanya mengenal benua Afrika dengan olahraga sepak bola maka tidak ada salahnya memperluas wawasan tersebut. Beberapa negara yang ada di Afrika tidak hanya terkenal dalam hal sebak bola saja. Bahkan dalam hal bola voli benua Afrika tidak dapat dilupakan begitu saja.

Perkembangan bola voli di Afrika ditandai pada babak olimpiade RIO beberapa tahun silam. Dari perkembangannya tentu mengundang rasa penasaran yang tinggi bagaimana awal mula kehadiran bola voli di negara-negara Afrika. Barangkali Anda pun penasaran dengan sejarah bola voli di Afrika apalagi saat perang dunia. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Sejarah Masuknya Bola Voli di Afrika

Awal mula bola voli ada di Afrika memang menarik untuk diulas. Apalagi selama ini benua Afrika identik dengan olahraga sepak bola. Bila dikenal dengan olahraga sepak bola bukan tidak mungkin banyak bibit pemain bola voli yang berasal dari Afrika. Di negara ini sendiri memang bukan satu-satunya yang menjadi tempat berkembangnya bola voli.

Sejarah bola voli di Afrika menyebutkan bahwa perkembangannya tidak lepas dari Nigeria. Keemasannya dimulai dari lolosnya olimpiade RIO di tahun 2016 silam. Namun yang paling menarik adalah kemenangan Afrika dalam pertandingan bola voli. Apakah Afrika pernah meraih prestasi dalam ajang bola voli? Jawabannya adalah iya.

Pada tahun 2016 silam Afrika untuk pertama kali menang dalam Olimpiade RIO. Ini menjadi bukti bahwa olahraga bola voli mengalami peningkatan sejak sekian tahun lamanya berpartisipasi. Menariknya lagi pada kejuaraan RIO setidaknya ada 4 negara yang saat itu menyatakan diri sebagai peserta lolos.

Keempat negara tersebut adalah Amerika, Afrika, Brasil dan Australia. Sejarah bola voli di Afrika sendiri memang sudah ada sejak perang dunia pertama dan kedua. Dalam perang dunia tersebut diketahui banyak perubahan di berbagai negara. Termasuk perubahan juga terjadi di Benua Afrika dalam hal olahraga bola voli.

Peraturan Bola Voli dalam Pertandingan

Dalam permainan selalu ada peraturan yang harus ditaati oleh setiap pemain. Dalam pertandingan bola voli sekalipun tetap mempertimbangkan peraturan. Dari awal kehadiran dan perkembangannya di banyak negara bola voli mempunyai aturan yang harus ditaati. Umumnya, peraturan dibuat agar para pemain dapat menjalankan pertandingan secara sportif.

Lebih dari itu dalam sejarah bola voli dunia termasuk di Afrika peraturan dibuat agar tujuan dari pertandingan dapat tercapai. Dimana tujuannya adalah mempertahankan bola, agar tidak melaju melewati net dan jaring. Peraturannya maksimal tiga kali sentuhan. Tidak hanya itu, bola diusahakan agar tidak berada di wilayah tim sendiri.

Bila ini terjadi maka tim tersebut mengalami kekalahan. Dalam sebuah pertandingan bola voli juga ada aturan seperti perhitungan poin dan untuk para pemain itu sendiri. Perhitungan poin dilakukan sampai salah satu tim sudah mencapai angka 25 untuk satu set pertandingan. Jumlah pemain pun terdiri dari 6 inti dan 4 cadangan.

Itulah asal bola voli yang ada di Afrika, sebab kemenangan Afrika pada Olimpiade menjadi titik awal pesatnya perkembangan bola voli di negara tersebut. Terlebih aturan permainan yang masih sama untuk perhelatan besar seperti Olimpiade RIO. Dari sejarah bola voli ini dapat disimpulkan bahwa Afrika tidak hanya terkenal dengan sepak bola saja.

Keyword: sejarah bola voli

Deskripsi: Sejarah bola voli di Afrika berada pada masa keemasannya dan diawali dari masa perang dunia. Perkembangannya pesat hingga menjadikannya lolos Olimpiade.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*