Tips Sederhana Jago Inggris Biar Grammar Kamu Meningkat

kampung-inggris-pare Pendidikan

Jago inggris menjadi salah satu impian bagi semua kalangan, apalagi karena menggunakan bahasa inggris saat ini juga sudah seperti kebutuhan. Ada kondisi dimana kita tidak bisa lepas dari bahasa inggris, seperti misalnya ketika sedang menyanyi lagu barat, ketika sedang menonton film, atau bahkan ketika sedang bekerja.

Bahkan, dari sekolah dasar sampai sekolah menengah atas, bahasa inggris menjadi salah satu bahasa yang paling sering diajarkan. Sekolah-sekolah banyak yang memuat progam unggulan, seperti misalnya program berbicara bahasa inggris, kelas drama, ekstrakulikuler debat bahasa inggris, dan masih banyak lainnya. Nah, terus gimana dong kalo kamu pengen bisa jago inggris, tapi ngerasa kurang bagus di bagian grammar? Kamu bisa coba tips berikut ini.

Jago Inggris Itu Butuh Praktek Terus

Mau jago grammar? Ya kamu nggak boleh dong, ada celah untuk membenci grammar. Untuk bisa menguasainya, maka kamu harus membiasakan diri untuk sering menghadapi berbagai hal-hal yang berakitan dengan grammar. Misalnya, mengerjakan soal latihan, mengurai masing-masing kata dalam kalimat, dan latihan. Jangan pernah takut salah, karena dengan kesalahanmu itu, kamu jadi tahu bagiamana untuk lebih baik lagi.

Belajar Tenses Cepat

Tenses itu ada banyak banget, loh! Tapi, bukan berarti kamu harus langsung belajar semuanya. Bisa-bisa, semua hal tersebut malah bikin kamu jadi bingung dan akhirnya menyerah untuk belajar bahasa inggris. Cara termudah adalah terus berpegang pada tiga dasar tenses. Ada tiga dasar dari tenses yaitu past tense, present tense, dan future tense. Untuk itu, kamu harus pahami dulu pola dan penggunaan dari seluruh susunan dasar-dasar tense tersebut. Lalu, jika sudah terbiasa, kembangkan dalam bentuk tenses lainnya.

Pola Kalimat Harus Kamu Pahami

Ingatlah yang paling penting dalam membuat kalimat adalah bahwa subjek selalu ada di pena. Setelah itu, isi bagian setelah subjek dengan kata kerja. Kemudian, di bagian selanjutnya harus ada objek, atau keterangan lain seperti waktu dan tempat.

Sering Baca

Nggak bisa dipungkiri bahwa grammar sangat mudah dipelajari dengan semakin seringnya kamu rajin baca, mengapa? Kamu jadi tahu seperti apa sih struktur kalimat itu, bagaimana menggunakan tenses, bagaimana menggunakan singular dan plural, dan lainnya. Bahkan, dari sering membaca, kamu juga bisa mendapatkan banyak vocabulary atau kosa kata baru, loh! Nah, cobalah untuk membaca mini story, lirik lagu sederhana, atau lainnya yang disusun dari kalimat-kalimat sederhana dan pendek.

Jago Inggris dan Grammar Dengan Menulis Cerita

Kamu bisa menignkatkan kemampuanmu dalam menyusun struktur kalimat dengan belajar menulis cerita. Kamu bisa menyediakan satu buku khusus yang fungsinya seperti diary, kalau memang kamu nggak ngerti apa sih yang harus kamu tulis. Dengan diary ini, kamu bisa menulis beberapa kalimat tentang pengalaman berharga hari ini. Terus, cobalah untuk membuat tulisan yang sederhana yang membuat kamu berlatih tense di masa sekarang, lampau, atau yang akan datang.

Gunakan Teman Sebagai Mentor

Punya temen yang jago inggris? Kesempatan baik tentunya untuk kamu yang punya teman yang sudah mahir berbahasa inggris. Kamu boleh mengatakan kepada temanmu untuk menjadi tutor. Selain bisa sharing ilmu, temanmu juga punya kesempatan untuk terus mengasah kemampuan bahasa inggrisnya. Kalian bisa bertemu langsung di hari tertentu, atau bahkan bisa juga sering chat dalam bahasa inggris. Jika ada kosa kata yang kamu belum pahami, kamu bisa menanyakan maksudnya. Untuk teman yang baik dan peduli, tentu mereka nggak akan segan untuk mengajarimu.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*